SEJARAH FACEBOOK
Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2004 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg. Mark Elliot Zuckerberg atau Mark Zuckerberg lahir lahir pada 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester County, New York, Amerika Serikat (AS). Berawal ketika dia bersekolah di Exeter High School, New Hampshire. Saat itulah dia berkenalan dengan Adam D’Angelo. Zuckerberg lulus dan masuk Harvard University, awalnya membuat program Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas. Proyek selanjutnya membuat facemash.com.
Lewat situs ini para pengunjung bisa memberi stempel “keren” atau “jelek” foto seorang siswa, dan membuat Zuckerberg dipanggil oleh Badan Administrasi Universitas Harvard karena dianggap membobol sistem keamanan komputer kampus, melanggar peraturan privasi di internet, dan melanggar hak cipta. Oleh karena itu ia mebuat Facebook dan diluncurkannya pada tahun 2004. Dalam waktu singkat duapertiga mahasiswa Harvard jadi pengguna Facebook. Teman sekamarnya, Dustin Moskovitz dan Chris Hugh, berhasil mengembangkan sayap ke Universitas Stanford, Columbia, Yale, Ivy College, dan beberapa sekolah lainnya di wilayah Boston. Dalam waktu singkat, mereka meluncurkan Facebook ke 30 sekolah.
Zuckerberg bersama Moskovitz dan beberapa teman lain pindah ke Palo Alto, California, liburan musim panas 2004 menyewa rumah kecil buat kantor. Oleh karena ingin mengerjakan Facebook dengan serius mereka meninggalkan Harvard. Di kantornya itulah Zuckerberg bertemu Peter Thiel, pendiri Paypal, yang memberi dana segar sebesar US$ 500.000 ,merupakan investor pertama mereka sehingga mereka bisa pindah ke kantor yang lebih besar di di Universitas Avenue yang dinamai sebagai kantor “Kampus Urban”
Pada 23 Agustus 2005 Zuckerberg membeli domain facebook.com dari Aboutface Corporation senilai US$ 200.000 atau sekitar Rp 1,86 miliar. Pada 2 September 2005, Zuckerberg meluncurkan situs Facebook khusus untuk anak-anak sekolah menengah atas. Hanya dalam waktu 15 hari sejak peluncurannya, sebagian besar sekolah di AS sudah menjadi anggotanya. pada akhir tahun 2005, Facebook telah mencakup sekitar 2.000 kampus dan 25.000 sekolah menengah atas di AS, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Riko, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia.
Pada 23 Agustus 2005 Zuckerberg membeli domain facebook.com dari Aboutface Corporation senilai US$ 200.000 atau sekitar Rp 1,86 miliar. Pada 2 September 2005, Zuckerberg meluncurkan situs Facebook khusus untuk anak-anak sekolah menengah atas. Hanya dalam waktu 15 hari sejak peluncurannya, sebagian besar sekolah di AS sudah menjadi anggotanya. pada akhir tahun 2005, Facebook telah mencakup sekitar 2.000 kampus dan 25.000 sekolah menengah atas di AS, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Riko, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia.
Pada 27 Februari 2006, dia mulai mengizinkan para mahasiswa yang menjadi pengguna situs ini untuk menambahkan siswa-siswa SMA sebagai temannya. BusinessWeek, melansir kabar bahwa Zuckerberg tengah bernegosiasi dengan calon pembeli potensial Facebook. Tapi, akhirnya, dia menolak tawaran yang disebut-sebut bernilai US$ 750 juta atau sekitar Rp 6,97 triliun. Pasalnya, Zuckerberg menganggap harga itu terlalu murah. Saat itu, dia memperkirakan nilai Facebook US$ 2 miliar.
Pada April 2006, investor pertama situs ini, yaitu Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners, menambah investasi di Facebook dengan menyetorkan dana US$ 25 juta. Facebook pun masuk ke India melalui Institut Teknologi India dan Institut Manajemen India.
Fasilitas Facebook Notes, fitur baru ini merupakan fitur blogging yang memungkinkan pengguna memberikan tagging, memasukkan gambar, dan fitur-fitur lainnya. Selain itu, pengguna bisa mengimpor blog dari situs Xanga, LiveJournal, Blogger, dan situs blogging lainnya. Berkat fitur baru tersebut, pembaca bisa memberikan komentar terhadap tulisan yang dimuat pengguna Facebook. September 2006, Zuckerberg membuka layanan Facebook bagi semua pengguna internet. Namun, langkah ini justru menuai protes dari para pengguna dan pelanggan setianya. Alhasil, dua minggu berselang Facebook terpaksa membenahi layanan baru itu dengan membuka pendaftaran bagi pengguna internet yang mempunyai alamat surat atau e-mail yang jelas.
Peter Thiel, memprediksi pendapatan situs ini pada 2015 nanti bisa mencapai US$ 1 miliar. Nah, pada saat itu, nilai perusahaan pun bakal ikut meroket menjadi sekitar US$ 8 miliar. Ada juga iklan baris gratis di Facebook.
Fitur yang diberi nama Facebook Marketplace ini diluncurkan pada 14 Mei 2007. Layanan baru ini pun langsung menjadi pesaing perusahaan-perusahaan online lain. Craigslist yang sudah lebih dulu menempatkan iklan baris di situsnya. Bisnis Zuckerberg pun kian mengalir lancar. Bahkan, Apple rela memperpanjang kerja sama dengan Facebook untuk memajang contoh musik iTunes.
Facebook membeli perusahaan Parakey Inc., dari Blake Ross dan Joe Hewitt, pada Juli 2007. Parakey adalah produsen aplikasi komputer yang mempermudah transfer data berupa tulisan, gambar, dan video ke sebuah situs di internet. Bill Gates, pada Oktober 2007 membeli 1,6% saham Facebook seharga US$ 240 juta. Pasalnya, Zuckerberg tidak berniat menjual semua saham Facebook sekaligus. Alasannya sederhana dan sungguh mulia, dia ingin Facebook tetap independen.
Pada 7 November 2007, situs ini meluncurkan layanan terbaru berupa pemasangan iklan dengan sistem yang disebut Facebook Beacon. Triliuner Hongkong, Li Ka-shing, tertarik untuk menanamkan uang senilai US$ 60 juta di Facebook pada 30 November 2007.
Pada April 2010, menurut The New York Times, negara yang memiliki pengguna Facebook terbanyak adalah Amerika Serikat, Britania Raya dan Indonesia. Indonesia telah menjadi negara dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat dengan 24 juta pengguna atau 10% dari total penduduk Indonesia.
Sekarang jumlah pegawainya sendiri telah mencapai 400 orang. Namun, Facebook adalah perusahaan unik. para eksekutif dan petingginya masih berusia muda, antara 24 tahun-37 tahun. Markas besar Facebook lebih mirip asrama mahasiswa. Para pegawai, yang setiap hari mendapat jatah makan gratis, bekerja sambil melakukan kegiatan favoritnya. Ada yang bermain gitar, bersepeda, main pesawat kontrol, atau bergoyang ditemani musik racikan seorang disc jockey (DJ).
KONSEP DASAR DARI FACEBOOK
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas Harvard di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial paling banyak digunakan menurut pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, diikuti oleh MySpace. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana cara kita menguntit bekas kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan memainkan permainan Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 135,1 juta pengunjung bulanan di AS pada Oktober 2010. Menurut Social Media Today pada April 2010, diperkirakan bahwa 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook.
TEKNOLOGI PADA FACEBOOK
Facebok merupakan situs LAMP (Linux-Apache-MySQL-PHP), berbasis web namun telah memperluas operasinya dan memasukkan banyak unsur-unsur lainnya dan memodifikasinya.
Sebagai contoh :
Facebok menggunakan PHP, mereka membangun compiler sendiri sehingga kode PHP di konvert menjadi kode native (C++) pada server, sehingga meningkatkan kinerja.
Facebook menggunakan Linux, telah dioptimalkan untuk keperluan mereka sendiri.
Facebook menggunakan MySQL, mengoptimalkan database design, moving join.
Teknologi-teknologi yang dipakai Facebook sebagai situs jejaring sosial terbesar didunia :
MEMCACHED
Memcached sudah menjadi suatu bagian penting dalam dunia internet saat ini. Ini adalah sistem caching memori terdistribusi yang facebook gunakan sebagai sistem caching antara web server dan database server mereka. Selama bertahun-tahun facebook telah mengoptimalkan memchaced untuk keperluan mereka. memchahce digunakan dalam bebrapa hal untuk mengoptimalkan database pada facebook
Facebook telah mempunyai ratusan Memcached server dengan jumlah data yang telah di cache sebesar 10 Terabytes pada waktu satu waktu ( ini adalah instalasi memcached terbesar didunia).
HIPHOP FOR PHP
PHP adalah scripting language, relatif lebih lambat jika dibandingkan dengan native language seperti C++. Hiphop mengubah kode PHP ke C++ yang kemudian dikompilasi untuk meningkatkan performa.
Sebuah tim kecil di Facebook menghabiskan waktu 18 bulan HANYA untuk mengembangkan Hiphop yang mereka klaim bisa mereduksi CPU usage hingga 50%.
HAYSTACK
Sistem penyimpanan atau pencarian foto berkinerja tinggi. Ada lebih dari 20 miliar foto yang di unggah di facebook. Facebook juga melayani sekitar 1,2 juta foto per detik.
BIGPIPE
Sistem layanan halaman web dianmis yang dikembanglam oleh Facebook, untuk melayani setiap halaman web dalam beberapa bagian disebut “pagelets” untuk menghasilkan kinerja yang optimal.
CASSANDRA
Sistem open source yang fungsinya sebagai manajemen database yang terdistribusi. Facebook mengembangkannya dengan NoSQL dan menggunakannya untuk fitur inbox search.
SCRIBE
Sistem logging fleksibel yang digunakan secara internal oleh Facebook untuk banyak tujuan, dikembangkan untuk menangani logging pada Facebook.
HADOOP DAN HIVE
Implementasi map-reduce open source yang memungkinkan untuk melakukan perhitungan data dalam jumlah besar. Facebook menggunakannya untuk menganalisis data. Hive dikembangkan facebook menggunakan querry SQL tergadap Hadoop sehingga lebih mudah bagi non programer menggunakannya.
THRIFT
Cross-Language framework yang dikembangkan secara internal untuk meningkatkan bahasa yang berbeda sehingga memungkinkan komunikasi antar bangsa.
VARNIST
Sebuah open source atau akselerator HTTP yang bertindak sebagai penyeimbang beban dan juga konten cache yang kemudian dapat dilayani secepat kilat. Untuk melayani foto, penanganan miliaran permintaan setiap hari.
HAL-HAL YANG MEMBANTU BERJALANNYA FACEBOOK
a. Gradual Releases and Dark Launches
Facebook memiliki sistem yang disebut Gatekeeper yang memungkinkan mereka menjalankan kode yang berbeda untuk sekumpulan pengguna yang berbeda, ini memungkinkan pengguna melakukan rilis terhadap fitur-fitur baru. Gatekeeper atau yang disebut Dark Launches yakni unsur-unsur dari fitur tertentu dibalik layar sebelum ditayangkan. Hal ini berfungsi sebagai tes nyata dan membantu mengekspos kemacetan dan masalah-masalah lain sebelum fitur tersebut resmi diluncurkan.
b. Profilling Of The Live System
Memonitor secara cermat dan juga memantau kinerja setiap fungsi PHP dalam Live Production Envirotment. Dilakukan dengan menggunakan sebuah tool open source bernama XHProf.
c. Gradual Feature Disabling For Added Performence
Jika Facebook mengalami masalah kinerja ada sejumlah tuas yang secara bertahap menonaktifkan fitur kurang penting untuk meningkatkan kinerja fitur utama Facebook.
Sumber: