Pada postingan kali ini saya akan membuat objek kursi dengan menggunakan Software Blender. Saya menggunakan blender versi 2.63
Pertama
saya akan menjelaskan pengenalan dari interface blender itu sendiri.
Pada
Bagian yang berwarna kuning merupakan, Menu bar yang didalamnya terdabat tab
file, add, rander, window, dan help. Selanjutnya adalah bagian yang ditandai
dengan warna merah merupakan tempat kita membuat objek atau workspace. Pada
bagian terakhir yang berwarna biru merupakan timeline jika kita bekerja
menggunakan animasi.
Menghapus
Objek
Pada Blender tampilan
DEFAULT ketika program dijalankan adalah gambar kubus. Kali ini kita akan
menghapus gambar gubus tersebut dengan dua cara yaitu:
1. Klik
kanan pada kubus sehingga garis garis luar kubus berwarna orange. atau tekan X
pada Keyboard
2. Tekan
tanda [x] untuk menghapus objeck seperti gambar dibawah ini:
Menambah Objek Baru
Kali
ini kita akan menbahkan objek baru pada lembar kerja yaitu kubus dengan cara
- Cara pertama pilih tab add pada menu bar
kemudian pilih mesh lalu cube. Seperti gambar yang diberi tanda merah.
- Cara yang kedua menggunkan keyboard dengan menekan SHIFT + A, selanjutnya seperti gambar dibawah ini
Membuat Kursi
Pertama kita harus mengetahui bentuk dari Kursi itu sendiri. Kursi mempunyai 1 alas yaitu balok yang melebar dan gepeng dan 4 buah kaki kaki
meja yaitu balok panjang dan tinggi dan balok tipis penyangga duduknya.
buatlah alas meja menggunakan kubus yang di manipulasi
sedemikian rupa dengan perintah scale terhadap sumbu x, y, maupun z sehingga
membentuk alas meja sesuai yang kita inginkan, adapun langkah langkah
pembuatannya adalah sebagai berikut :
- Tekan SHIFT+A,
- Mesh
- Cube
- Klik kanan pada kubus
lalu tekan S setelah itu X,atau S setelah itu Y, atau S setelah itu Z,
untuk memanipulasi bentuk atau ukuran dari objek tersebut.
- Jika benar maka akan
tampak seperti gambar dibawah ini.
Jika kita menekan tombol S+Y
pada keyboard maka bentuknya akan seperti dibawah ini.
Jika kita menekan tombol S+X
pada keyboard maka bentuknya akan seperti dibawah ini.
Jika kita menekan tombol S+Z pada keyboard maka bentuknya akan seperti dibawah ini.
Selanjutnya
kita membuat 4 buah kaki kaki meja, dengan langkah langkah sebagai berikut:
1. Tekan SHIFT+A,
2. Mesh
3. Cube
4. Lalu klik kanan pada kubus
lalu tekan S setelah itu X,atau S setelah itu Y, atau setelah itu Z, untuk
memanipulasi bentuk atau ukuran dari objek tersebut.
Jika benar maka akan tampak seperti gambar dibawah ini.
5. Karena kaki meja ada 4 kita perlu membuat 3 buah lagi, bisa dengan menggunakan langkah 1 – 4, namun itu akan membutuhkan waktu lebih lama. Cara yang lain adalah menduplikat kaki meja yang sudah ada.
6. Klik kanan pada kaki meja yang sudah ada.
7. Tekan SHIFT + D pada keyboard untuk menggandakan objek atau menduplikat objek.
Jika benar maka akan seperti gambar dibawah ini:
8. pembuatan penyangga kursinya sama seperti membuat alas tempat duduknya yaitu ADD -> Mesh -> Cube dan atur posisi x,y,znya sehingga akan nampak seperti dibawah ini
Pemberian
Warna
Pada
gambar dibawah ini merupakan pewaraan pada meja yang telah kita buat
sebelumnya, disini saya memberi warna biru pada balok mejanya. Langkah-langkah
dalam pewarnaannya adalah sebagai berikut:
1- Pada
gambar kotak kuning terdapat icon-icon dimana kita memilih icon bulat yang
menunjukan material.
2- Setelah
kita pilih icon material -> klik new lalu akan muncul tampilan di bawah ini
Demikian pembuatan objek kursi dengan menggunakan blender semoga bermanfaat yaa kawan :D