Bannerad

Minggu, 25 November 2012

Membuat Objek Kursi Dengan Menunggunakan Blender


Pada postingan kali ini saya akan membuat objek kursi dengan menggunakan Software Blender. Saya menggunakan blender versi 2.63



Pertama saya akan menjelaskan pengenalan dari interface blender itu sendiri.


Pada Bagian yang berwarna kuning merupakan, Menu bar yang didalamnya terdabat tab file, add, rander, window, dan help. Selanjutnya adalah bagian yang ditandai dengan warna merah merupakan tempat kita membuat objek atau workspace. Pada bagian terakhir yang berwarna biru merupakan timeline jika kita bekerja menggunakan animasi.

Menghapus Objek
Pada Blender tampilan DEFAULT ketika program dijalankan adalah gambar kubus. Kali ini kita akan menghapus gambar gubus tersebut dengan dua cara yaitu:
1.    Klik kanan pada kubus sehingga garis garis luar kubus berwarna orange. atau tekan X pada Keyboard
2.    Tekan tanda [x] untuk menghapus objeck seperti gambar dibawah ini:


Menambah Objek Baru
Kali ini kita akan menbahkan objek baru pada lembar kerja yaitu kubus dengan cara
  1. Cara pertama pilih tab add pada menu bar kemudian pilih mesh lalu cube. Seperti gambar yang diberi tanda merah.
  2. Cara yang  kedua menggunkan keyboard dengan menekan SHIFT + A, selanjutnya seperti gambar dibawah ini

Membuat Kursi
Pertama kita harus mengetahui bentuk dari Kursi itu sendiri. Kursi mempunyai 1 alas yaitu balok yang melebar dan gepeng dan 4 buah kaki kaki meja yaitu balok panjang dan tinggi dan balok tipis penyangga duduknya.
buatlah alas meja menggunakan kubus yang di manipulasi sedemikian rupa dengan perintah scale terhadap sumbu x, y, maupun z sehingga membentuk alas meja sesuai yang kita inginkan, adapun langkah langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :
  1. Tekan SHIFT+A,
  2. Mesh
  3. Cube
  4. Klik kanan pada kubus lalu tekan S setelah itu X,atau S setelah itu Y, atau S setelah itu Z, untuk memanipulasi bentuk atau ukuran dari objek tersebut.
  5. Jika benar maka akan tampak seperti gambar dibawah ini.


Jika kita menekan tombol S+Y pada keyboard maka bentuknya akan seperti dibawah ini.






Jika kita menekan tombol S+X pada keyboard maka bentuknya akan seperti dibawah ini.


 Jika kita menekan tombol S+Z pada keyboard maka bentuknya akan seperti dibawah ini.



Selanjutnya kita membuat 4 buah kaki kaki meja, dengan langkah langkah sebagai berikut:
1. Tekan SHIFT+A,
2. Mesh
3. Cube
4. Lalu klik kanan pada kubus lalu tekan S setelah itu X,atau S setelah itu Y, atau setelah itu Z, untuk memanipulasi bentuk atau ukuran dari objek tersebut.

Jika benar maka akan tampak seperti gambar dibawah ini.


5. Karena kaki meja ada 4 kita perlu membuat 3 buah lagi, bisa dengan menggunakan langkah 1 – 4, namun itu akan membutuhkan waktu lebih lama. Cara yang lain adalah menduplikat kaki meja yang sudah ada.
6. Klik kanan pada kaki meja yang sudah ada.
7. Tekan SHIFT + D pada keyboard untuk menggandakan objek atau menduplikat objek.

Jika benar maka akan seperti gambar dibawah ini:


8. pembuatan penyangga kursinya sama seperti membuat alas tempat duduknya yaitu ADD -> Mesh -> Cube dan atur posisi x,y,znya sehingga akan nampak seperti dibawah ini 


Pemberian Warna
Pada gambar dibawah ini merupakan pewaraan pada meja yang telah kita buat sebelumnya, disini saya memberi warna biru pada balok mejanya. Langkah-langkah dalam pewarnaannya adalah sebagai berikut:
1- Pada gambar kotak kuning terdapat icon-icon dimana kita memilih icon bulat yang menunjukan material.
2-  Setelah kita pilih icon material -> klik new lalu akan muncul tampilan di bawah ini 



Kemudian tekan F12 untuk melihat hasil akhirnya





Demikian pembuatan objek kursi dengan menggunakan blender semoga bermanfaat yaa kawan :D