Bannerad

Sabtu, 29 September 2012

REVIEW SOFTWARE BLENDER



Haaaiiiii blogeeers  kali ini saya akan meriview software blender, ohyaa sebelumnya saya akan menjelaskan secara singkat sejarah  blender, yaitu sebuah perangkat lunak 3D open source berbasis Python. Kode sumbernya dibuka ke publik pada tahun 2002. Blender di kembangkan oleh Blander Institute  yang berdomisili di belanda dengan pimpinan Ton Roosendaal (www.blender.org). Software ini sangat handal untuk membuat model 3D, animasi, hingga game. Ia juga sangat kaya akan fitur yang sudah teruji secara profesional dalam 3 open movie dan 1 open game. Blender juga merpakan salah satu software 3D open source yang paling giat pengembangnya dan memiliki komunitas yang fanatik serta developer yang handal. Sampai saat ini, Blender mencapai rilis 2.57 yang merupakan versi stabil Blender. Memang Sejak 2002 blender mengalami peningkatan sangat pesat dan mengalami revolusi dari versi 2.4x ke 2.5. Bukan hanya dari segi interface saja, kemampuan produktivitasnya juga semakin canggih.

Kalau dulu membuat animasi membutuhkan aplikasi yang mahal dengan tingkat kerumitan yang tinggi, kini hal tersebut bisa diatasi dengan hadirnya Blender yang menawarkan penggunaan yang lebih mudah dan gratis pula. Pengertian mudah di sini memang bukan berarti segampang menggunakan aplikasi seharihari, tapi jika dibandingkan dengan aplikasi terdahulu yang membutuhkan skill tinggi, Blender menawarkan penggunaan yang lebih mudah. 

Blender adalah gratis dan open-source komputer grafis 3D produk perangkat lunak yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, aplikasi 3D interaktif atau video game. Fitur Blender termasuk pemodelan 3D , unwrapping UV , texturing , rigging dan menguliti , cairan dan simulasi asap, partikel simulasi, menjiwai , cocok bergerak , pelacakan kamera , render , editing video dan composite . Ia juga memiliki built-in mesin permainan. Fiturnya lengkap, ringan, update-nya cepat, serta memiliki komunitas terbuka yang akan membantu para pengguna di seluruh dunia untuk saling bertukar pikiran. 

Hal inilah yang membuatnya makin menarik untuk dicoba. Apalagi kini ia telah hadir bagi sistem operasi seperti Windows, Mac OS, hingga Solaris. Selain untuk membuat konten 3D, Blender juga dapat digunakan dalam berbagai kegiatan multimedia seperti mengedit video, membuat game, animasi, compositing, dan lainnya yang berhubungan dengan animasi 3D. Bahkan ada lho komunitas yang telah berhasil membuat sebuah film animasi 3D secara utuh dengan hanya menggunakan Blender.






Untuk spekifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini :
- Intel pentium III atau lebih/ AMD dsbg
- Ram 64Mb
- VGA 4Mb
- Disk Space 35Mb
- Windows 2000 dan lebih, Linux,

Keunggulan Blender 3D :
1. Interface yang user friendly dan tertata rapi.
2. Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,
3. texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting,
4. rendering, compositing, post production dan game creation.
5. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
6. bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun
7. dan sistem operasi yang lainnya.
8. Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih
9. cepat dan efisien.
10. Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
11. File Berukuran kecil.
12. Free (gratis).

Adapun keunggulan Interface pada Blender secara umum adalah sebagai
berikut :
1. Revolusioner yang tidak tumpang tindih dan non-blocking UI memberikan alur
2. kerja tak tertandingi
3. Fleksibel dan bisa diatur tata letak jendela dengan layar setup sebanyak yang
4. Anda suka
5. dengan dukungan terjemahan internasional
6. Setiap jendela ruang dapat dengan mudah beralih ke jendela apapun jenis (kurva
7. editor, NLA, tampilan 3D dll)
8. text editor untuk penjelasan dan mengedit skrip Python
9. Custom tema
10. Antarmuka konsisten di semua platform



Refrensi klik disini dan disini