Bannerad

Jumat, 05 Oktober 2012

Essay Tentang Pengalaman Pengembangan Sistem Informasi


Hallo blogers kali ini saya mendapatkan tugas matakuliah Sistem Informasi. Dalam tugas ini saya disuruh menceritakan pengalaman saya dalam menggunakan sistem informasi, awalnya saya tidak begitu paham apasih Sistem Informasi itu? Nah hanya info aja nih kalau Sistem informasi itu merupakan suatu  sistem yang  membantu kebutuhan pengolahan data harian, bulanan maupun tahunan yang bersifat manajerial dengan informasi yang diperlukan, sebagai penyedia informasi bagi user. Semoga cukup jelas ya penjelasan saya diatas. Yasudah tanpa basa-basi lagi langsung saja yaa saya menceritakan tugas yang pernah saya buat sebelumnya mengenai Sistem Informasi. Waktu itu saya masih duduk di tingkat 1 semester 2. Saya juga lupa nama dosennya hehe maaf, pokonya pelajaran Konsep Teknologi Informasi (KTI B)  tugasnya itu mengenai pembuatan Database. Dosen tersebut menyuruh kami membuat kelompok maksimal bertiga , Saya bersama kedua teman saya yaitu Rina Ravela Susantika dan Ledy Sri Rezeki mengerjakan Database mahasiswa gunadarma yang kami kutip dari BAAK gunadarma. Kami mengambil 500 record daftar mahasiswa gundarma falkultas Teknik Informatika. Sebelum saya menceritakan mengenai tugas yang kami buat ada baiknya saya menjelaskan apa sih Database? database itu sendiri merupakan sekumpulan data yang terintegrasi yang diorganisasi untuk memenuhi kebutuhan pemakai untuk keperluan informasi. Dalam database terdiri dari beberapa struktur yaitu data, record dan field yang masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri. Untuk penjelasan dari ketiga struktur pembentuk database itu sendiri yang pertama adalah data yang merupakan elemen yang belum diolah yang tidak memiliki arti, yang nantinya setelah diolah sedemikian rupa akan menjadi suatu informasi bagi pembacanya, yang kedua record yang merupakan data yang isinya menjadi satu kesatuan dan berkaitan satu engan lainnya dan yang ketiga field merupakan tempat dimana record berada.
Mengapa kami mengambil sampel data mahasiswa Gunadarma dalam situs BAAK? Pertimbangan kami memilihnya dikarenakan sebagai awal permulaan kami membuat database jadi kami membuat sebuah duplikasinya dengan menggunakan aplikasi My SQL. Aplikasi tersebut adalah perangkat lunak Pembuat database yang bersifat open source dan berjalan disemua platform baik linux maupun Windows, MySQL merupakan program pengakses database yang bersifat network sehingga dapat digunakan untuk aplikasi multiuser. Database kami dinamakan dengan nama PILAR (PIta LAdy Rina) karena kita bertiga terlibat dalam pembuatan database jadi kami sepakat memberi nama itu sebagai nama database kami. Didalam database tersebut terdapat 500 record data mahasiswa Teknik Informatika Gunadarma. Kami membuat 9 field kami isi dengan No, Nama, Kelas, NPM, JK(Jenis Kelamin), Jurusan, Jenjang, Kampus, Keterangan. Penjelasan mengenai field-fieldnyayang utama yaitu NPM kami gunakan sebagai primary key yang artinya tidak mungkin ada nama data yang sama atau tidak terjadi (redudancy data) penduplikasian data dalam database yang kami buat. Dalam pengerjaannya kami bertiga menginputkan data yang dibagi secara merata, saya mennginput 200 data, rina menginputkan 200 data dan lady menginputkan 100 data. Disini karena lady lebih berpengalaman karena ledy merupakan siswi lulusan SMK yang notabeni sekolah kejurusan,  jurusan yang diambil lady yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) maka kami (saya dan rina) memutuskan bahwa lady yang menjadi moderator dalam mempresentasikan database kami didepan kelas. Dalam membuat database ini dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu maklum masih awam. Padahal recordnya tidak terlalu banyak. Sebisa mungkin kami mengerjakannya dengan penuh kesabaran dan lama kelamaan ternyata menggunakan aplikasi MySql tidak seribet yang kami bayangkan
Hari presentasipun tiba, dosen KTI B menyerahkan kepada mahasiswa dikelas kami untuk mempresentasikan databasenya masing-masing. Kelompok pertamapun maju lalu kami bertiga berinisiatif maju mempresentasikannya setelah kelompok pertama tersebut maju, hmmm untungnya persiapan kami bertiga sudah matang. Saat-saat itu tiba kami bertiga  sepakat maju karena kelompok lain kelihatannya tidak sesiap kelompok kami.   Masing-masing dari kami di test oleh bapak dosen berupa pertanyaan mengenai database yang telah kami buat. Bapak tersebut mengetest kami apakah kami bertiga paham dengan database yang telah kami buat. Syukur Alhamdulilah kami bertiga bisa menjawab pertanyaannya dengan lancar. Setiap pertanyaan teman-teman dikelas kami, sebisa mungkin kami jawab dengan lugas dan tepat. Kami bertigapun diberi tepuk tangan oleh teman-teman sekelas kami. Pada akhir presentasi diadakan  bapak dosen berkata “ini hari minggu terakhir pertemuan kita jadi bagi yang hari ini maju presentasilah yang mendapat nilai presentasi”. Awalnya kami kaget bagaimana dengan teman yang lain yang tidak kedapetan maju presentasi? bapak dosenpun berkata “UTS kalian di kerjakan semaksimal mungkin agar hasilnya bisa maksimal juga”. Walaupun teman-teman kami mengejar nilai di UTS kami tetap rendah hati dan bersyukur betapa tidak, kami bertiga bangga sekali kerja keras kami tidak sia-sia sudah dapat ilmu mengenai database dapat nilai dari bapak dosen dan appreciation dari teman-teman di kelas dan juga bapak dosen. Diatas merupakan pengalaman saya mengenai sistem informasi yaitu database yang saya kerjakan bersama teman-teman. Semoga pengalaman saya diatas bisa jadi motivasi buat para pembaca agar tidak mudah putus asa kalo dikasih tugas dari dosen coba dulu pahami mengerjakan dengan sabar insya Allah ada jalan yang mudah untuk menyelesaikannya. Cukup sekian cerita pengalaman saya kali ini semoga bermanfaat yaa hehe, salam hangat blogers... :D