Bannerad

Kamis, 14 Juni 2012

Tugas Mengenai E-Commerce Pada Web

Di era saat ini internet sebagai jaringan publik yang sangat besar, yang dimiliki suatu jaringan publik elektronik, murah, cepat dan kemudahan akses. Menggunakan electronic data sebagai media penyampaian pesan atau data sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas.
E-commere dapat diartikan sebagai konsep penerapan E-bussines sebagai strategi jual-beli barang dan jasa melalui jaringan elektronik yang melibatkan transaksi data elektronik, sistem manajemen inventory otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis. Hal ini disebabkan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi baik dalam segi efisiensi serta keamanannya, sehinnga memunculkan ide-ide gagasan untuk menjadikan teknologi informasi itu sebagai media untuk melakukan pemasaran, promosi, bahkan transakasi data yang dianggap bisa lebih effisien dan mempermudah transaksi jual-beli. Sehingga Web Usability suatu web harus diperhatikan dalam pembuatan suatu situs web e-commerce. Sebelum mengkaji pembahasan situs www.bloopendorse.com , sebaiknya kita mengetahui apa itu web usability.
Menurut Jacob Nielsen, usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan userinterface untuk digunakan. Usability juga mengacu kepada metode untuk meningkatkan kemudahan penggunaan selama proses perancangan. Sedangkan menurut Galitz, Usability adalah atribut kualitas yang menilai seberapa mudah user interface untuk digunakan. Dari sisi pengguna, usability sangat penting dalam membedakan antara perlakuan task secara akurat dan perlakuan task secara sempurna atau tidak, dan apakah user menikmati proses dari sistem atau malah membosankan. Jika diberi pilihan, orang cenderung untuk membeli sistem yang lebih user-friendly.

Menurut Nielson(2003), Usability didefenisikan melalui lima komponen, yaitu :

a. Learnability
Learnability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna untuk memenuhi task-task dasar ketika pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan.

b. Efficiency
Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah mereka mempelajari hasil perancangan.

c. Memorability
Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya.

d. Errors
Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan terhadap errordan cara memperbaiki error.

e. Satisfaction
Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.

Tujuan utama dari Usability web adalah Efektif digunakan, Efisien digunakan, Aman digunakan, Punya utility yang baik, Mudah dipelajari, dan Mudah diingat bagaimana menggunakannya.


Web BloopEndorse





www.bloopendorse.com merupakan sebuah situs belanja online yang menjual berbagai macam pakaian, aksesoris, tas, dan merchandise band, untuk pria dan wanita. Situs ini menawarkan berbagai variasi fashion yang sedang ngetrend di kalangan anak muda.
Untuk melakukan transaksi pada situs tersebut pertama kita membuat registrasi pemesanan :


1. Pertama kita klik sign up pada situs tersebut



2. Setelah itu akan muncul



3. Setelah diisi data tersebut maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lalu klik finish



4. Kemudian mucul tampilan seperti dibawah ini



5. Lalu anda mengecek email anda apakah email anda aktif



6. Berikut adalah isi dalam activition account tersebut



7. Setelah link tersebut di klik maka akan muncul tampilan seperti berikut




8. Kemudian pilih my account lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini




9. Setelah anda mengklik sign in maka akan mucul tampilan seperti di bawah ini




10. Pilih barang apa yang anda ingin beli, sesuai dengan keinginan anda. Anda dapat berbelanja di bloopendorse dan melakukan transaksi secara elektronik tanpa harus pergi ke toko tersebut berada




Dalam web terserbut juga dipasang beberapa icon diatas yang memiliki kegunaannya masing-masing diantaranya :

Loyalty Card : Kartu eksklusif yang di keluarkan oleh Bloop Endorse Urbie, guna memberikan pelayanan, manfaat, dan keuntungan lebih bagi para customernya.

MoreUpdate : Info terbaru mengenai bloopendorse mengenai discount maupun promo lainnya.

BE.U Radio : radio lokal milik Bloop Endorse Urbie yang akan menginformasikan kepada kamu tentang fashion, promo Bloop Endorse Urbie & Dejons Ginyo, event terbaru, dan lain – lain. Kita juga bisa mempromosikan event sekolah/kampus di BEU Radio.” We Are The First Clothing Line Radio in Indonesia “ selogan dari BE.U Radio.

Order Division : BLOOP ENDORSE URBIE memiliki divisi khusus yang menangani pembuatan produk sesuai dengan pesanan kamu. Anda bisa memesan dalam jumlah, desain yang diinginkan.




Analisis Web BloopEndorse

1. Visibility of System Status
Pengguna memberikan umpan balik tepat waktu dan memadai tentang status sistem.
Contoh: Jika membutuhkan waktu yang lama untuk load layar, tampilkan progress bar dan / atau perkiraan waktu yang mungkin diperlukan untuk memuat layar, sehingga pengguna tahu apa yang diharapkan.

2. Match Between System and the Real World
Sistem harus berbicara dalam bahasa yang biasa digunakan pengguna, menggunakan istilah dan konsep yang akrab dengan audiens. Informasi harus diatur secara alami dan logis berdasarkan apa yang pengguna terbiasa melihat di dunia nyata.
Contoh: Ketika merancang sebuah situs web untuk anak-anak, gunakan istilah yang akrab dengan akrab dan menampilkan informasi dalam format ini yang sering mereka lihat.

3. User Control and Freedom
Pengguna harus merasakan pengalaman mereka berinteraksi dengan sistem, dan mempunyai kebebasan melakukan apa saja tanpa harus dipersulit.
Contoh: Menyediakan fungsionalitas untuk Undo dan Redo dan tindakan untuk dengan mudah keluar dari sistem.

4. Consistency and Standards
Pengguna kontrol, icon, terminologi, dan pesan kesalahan harus konsisten di seluruh antarmuka, jangan sampai memberikan sesuatu yang berbeda tapi dengan maksud yang sama. Apabila diperlukan, industri dan platform standar harus diterapkan.
Contoh: Gunakan icon yang orang kenal, bukan menciptakan desain baru yang berarti hal yang sama.


5. Error Prevention
Mencegah pengguna melakukan kesalahan dalam menggunakan antarmuka sistem, dengan mengidentifikasi area dari masalah yang khas bagi pengguna dan merancang ulang serta mengkomunikasikan konsekuensi dari tindakan pengguna. Menyediakan pilihan konfirmasi untuk melakukan sesuatu yang rentan atau sulit dibuat.
Contoh: Jika pengguna membatalkan account nya, tawarannya cara untuk mendirikan kembali account dalam jangka waktu tertentu.

6. Recognition Rather Than Recall
Kurangi beban memori dari pengguna dengan menampilkan icon akrab, tindakan, dan pilihan bila memungkinkan. Tidak memerlukan user untuk mengingat informasi dari satu layar yang lain. Gunakan mouse-over, tooltips untuk menjelaskan fungsi icon yang mungkin belum terbiasa.
Contoh: Pada formulir web, izinkan untuk mengakses informasi yang telah dimasukkan seperti nomor seri, sehingga pengguna tidak perlu menuliskannya kemabali.

7. Flexibility and Efficiency of Use
Pemula dan pengguna ahli menggunakan sistem berbeda. Sistem tersebut harus mudah dan efisien untuk digunakan oleh pemula dan ahli sama. Menyediakan “akselerator” bagi pengguna ahli lebih efisien menavigasi sistem untuk menyelesaikan tugas-tugas yang paling sering.
Contoh: akselerator bisa menjadi jalan pintas keystroke, seperti Macintosh Command + Q untuk keluar dari aplikasi.

8. Aesthetic and Minimalist Design
Hindari menampilkan informasi yang berlebihan dan elemen desain, karena mereka akan bersaing secara visual dengan informasi yang lebih relevan di layar.
Contoh: Background grafis dapat membuat orang kesulitan melihat teks.

9. Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors
Hadirkan pesan kesalahan yang memberikan pengguna petunjuk tentang cara memulihkan dari kesalahan, daripada kode rahasia yang tidak mengerti pengguna
Contoh: Jika pengguna memasukkan alamat email tidak valid pada formulir web, berikan pesan kesalahan secara jelas, seperti “Itu alamat email ini tidak di catatan kami. Silakan masukkan alamat email dalam format ini: ema...@address.com. ”

10. Help and Documentation
Sistem menyediakan bantuan dan dokumentasi yang berisi informasi tentang penggunaan system. Bisa dengan menyediakan video tutorial dan contoh-contoh untuk prosedur yang kompleks atau kontrol yang sulit untuk mencari.
Contoh: memberikan pengguna sebuah contoh bagaimana untuk memasukkan informasi dengan menggunakan format yang diperlukan, seperti memasukkan nomor telepon sebagai xxxx-xxx-xxx.
Itulah sekilas mengenai usability.




Pengalaman Saya Membeli Barang Dengan Transaksi Elektronik


Saya suka sekali dengan barang-barang yang dijual di toko bloopendorse di tokonya di JL. Tebet Utara Dalam , setelah saya tau ternyata bloopsendorse memiliki situs belanja online, maka saya mencoba untuk belanja di situsnya. Lalu saya  melakukan registrasi seperti langkah-langkah yang sudah dipaparkan diatas, waktu itu saya membeli sebuah dress berwarna coklat. Harga-harga yang ditawarkan bloopendorse cocok untuk kalangan anak-anak muda yang tidak merogoh kocek terlalu dalam. Dress coklat tersebut di bandrol dengan harga Rp. 150.000,- harga tersebut setara dengan kualitas dari dress itu sendiri. Setelah barang dipesan, pihak bloopendorse mengirimkan pesan singkat ke nomor telfon yang sudah saya berikan ke pada pihak bloopendorse. Pesan tersebut berisi nomor rekening bloopendorse guna pembayaran dari pembelian dress yang telah dipilih ke salah satu bank swasta. Setelah pentransferan telah dilakukan maka pihak bloopendorse melakukan registrasi ulang mengenai barang yang dipesan serta alamat dimana barang tersebut dikirim. Barang tersebut dikirim melalui pengiriman kilat. 2 hari kemudian barang tersebut sampai ketangan saya dan saya tidak menyesal telah membeli barang di situs belanja online bloopendorse.




Sumber:
http://www.unpas.ac.id/pages/pengertian-e-commerce/.
http://www.bloopendorse.com/
http://ceritamu.com/Info/Pakaian-dan-Kecantikan/Bloop-Endorse.aspx?p=1
http://bloopendorseinside.com/
http://ceretcentil.blogspot.com/2011/01/analisis-web-distro-bloopendorse-part-3.html#more