Bannerad

Kamis, 07 April 2011

Makalah Tentang Senyum


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Senyum membuat seorang individu akan dikenang sebagai seorang yang baik, tenang, dan ramah. Namun demikian, pada beberapa kasus fasilitas ini kadang-kadang disalahgunakan oleh mereka yang memiliki niat buruk. Apalagi di kota-kota besar? Selain itu, kadang-kadang hanya memberi senyum dianggap berat. Padahal memberi senyum adalah salah satu fasilitas untuk membangun jaringan, memudahkan usaha, memudahkan segalanya. Ketika kita memberikan senyum kepada orang lain pasti orang itu akan memberikan respon yang baik kepada kita dan juga akan memberikan senyum balik kepada kita juga. Senyuman dapat menghilangkan perasaan sedih yang berlarut-larut di dalam diri kita. Senyuman akan selalu membawa efek positif di dalam diri kita. dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh apa sih sebenarnya makna dari senyum itu sendiri.
1.2 Pembahasan Masalah
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang:
- Senyum dalam kehidupan sehari-hari
- Macam – macam Senyum.
1.3 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan masalah diatas maka akan saya jelaskan senyum di kehidupan sehari-hari dan juga macam – macam senyum.
1.4 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan ini adalah betapa pentingnya senyum itu di dalam kehidupan sehari-hari dan juga macam – macam senyum.

BAB 2
ISI

2.1 Pengertian Senyum
Apa sih sebenarnya arti dari sebuah senyum itu? dan juga apa maksud dari senyum itu sendiri? kalian pasti tahu yang namanya senyum itu apa. Menurut saya senyum itu adalah ekspresi perasaan gembira seseorang yang diungkapkan lewat sebuah lekukan di pipi yang membentuk sebuah senyuman. Coba anda perhatikan sehari-hari berapa kali orang tersenyum kepada anda? Pasti anda tidak bisa kan jika disuruh menghitungnya. Pasti senyuman itu akan selalu menghiasi dunia keseharian anda. Baik itu oleh keluarga anda, pacar anda, teman anda, sahabat anda, ataupun orang yang tidak anda kenal sekalipun.
Maka janganlah berhenti untuk tersenyum selagi anda bisa. Kepada siapapun yang anda kenal ataupun tidak hanya untuk menunjukan perasaan senang ataupun hormat kepada orang tersebut walaupun dia dibawah umur kita. Tanpa senyum hari-harimu akan terasa hampa, sunyi, sepi, tanpa arti. Senyum adalah pengobat luka. Jadikan hari-harimu selalu indah dengan selalu melihat senyuman. Dengan seyuman kita bisa memiliki banyak teman, dengan senyuman kita dapat meredakan amarah, dan masih banyak lagi keuntungan dari sebuah senyuman walaupun cuma sebentar saja.

2.2 Pentingnya Senyum Di Kehidupan Sehari-hari
Senyum dalam kehidupan sehari-hari! Pasti tanpa anda sadari sekalipun anda tiap hari melakukannya kan? Dan pasti itu akan menimpulkan efek yang positif tanpa anda sadari. Seperti misalnya timbul perasaan ceria ataupun orang menjadi senang dengan senyuman yang kita berikan. Perasaan amarah menjadi terhapus dengan senyuman. Perasaan susah menjadi terhapus dengan senyuman pula. Dan masih banyak lagi yang lainnya yang tidak anda sadari satu per satu. Tapi yang paling jelas adalah balasan senyum dari orang lain. Itu akan selalu teringat di benak kita terutama orang yang kita suka atau kita sayangi di sekitar kita. Pasti itu akan langsung menimbulkan efek bahagia di dalam diri kita. Senyuman itu dapat merubah keadaan seseorang yang tadinya sedih tetapi karena kita berikan senyuman beban menjadi berkurang. Begitu pula dengan kehidupan kita, ketika seseorang memberikan senyuman kepada kita, maka akan timbul perasaan senang. Senyuman juga dapat membuat orang lain berpikir positif dan menjadi optimis akan sesuatu hal. Hal positif yang bisa kita ambil dari senyum adalah sebagai berikut:
1.    Menghilangkan stress.
Pekerjaan yang menumpuk, tentu sangat membuat anda stress. Belum lagi jika ada masalah pribadi. Jika Anda mengalami hal demikian, cobalah untuk rilekskan diri, praktekan senyum yang baik, lupakan sejenak masalah yang membuat Anda stress dan kenanglah masa-masa yang menyenangkan bagi Anda.

2.Menurunkan tekanan darah.
Jika Anda mengalami bahwa Anda sedang bertekanan darah tinggi, cobalah untuk tersenyum yang baik, nikmati setiap detik demi detiknya.

3. Membuat awet muda.
Tahukah Anda saat kita tersenyum, ternyata tubuh kita sedang mengaktifkan kembali sel-sel yang pasif. Menurut penelitian, Orang yang lebih banyak meluangkan waktu untuk tersenyum mempunyai aura yang positif dan nampak lebih energik dan membuat awet muda.

4. Membuat Positive thinking.
Senyum adalah milik orang-orang yang beraura positive, sehingga saat anda tersenyum semua yang positive akan nampak. Dari situlah anda akan mendapatkan banyak ide cemerlang dan berbagai hal positive yang pasti akan membuat anda jauh lebih baik.

2.3 Macam – macam Senyum.
1.   Senyum tulus, senyum yang mampu mencairkan hubungan yang kaku, memberi semangat kepada orang yang putus asa, membuat ceria suasana tidak menyenangkan, dan menenangkan hati yang gundah.
2.   Senyum senang, merupakan senyum yang menularkan kebahagiaan kepada siapa saja yang melihatnya. Senyum ini membuat orang tampak ramah, terbuka, dan menarik. Senyum ini juga membuat orang awet muda, cantik, lebih tampan untuk dilihat.
3.   Senyum sinis, senyum ini mampu membuat jarak, bahkan dapat memulai perang dengan teman.

BAB III
KESIMPULAN
Dalam hal penarikan kesimpulan pada pembuatan makalah ini, penulis mengambil atau menarik kesimpulan berdasarkan jawaban masalah pembuatan makalah ini, ataupun pengambilan atau penarikan kesimpulan sebagai berikut :
Senyum, merupakan bahasa universal, sehingga ketika Anda datang ke negara lain, jika Anda tersenyum, maka mereka pun akan membalas senyum Anda. Senyuman terlihat hal yang sederhana, namu berdampak luar biasa. Cobalah Anda tersenyum ketika Anda gagal, maka Anda telah memberi warna baru dari kegagalan Anda, dan menjadikan kegagalan tersebut menjadi pengalaman yang sangat berharga. senyuman itu akan menimbulkan efek positif di dalam kehidupan kita. Karena senyuman akan menimbulkan kebahagiaan dan akan membuat semangat menjalani hari yang walaupun sangat berat sekalipun tetapi dengan senyuman akan terasa lebih enteng. Dan juga tidak ada salahnya memberikan senyuman kepada orang lain walaupun cuma sekali. Berikan senyuman kepada orang di sekita kita. Baik itu teman, sahabat, pacar, orang yang tidak kalian kenal sekalipun dan juga keluarga. Berikanlah senyuman anda kepada orang-orang tersebut. Maka hidup anda akan terasa lebih bahagia. Dengan semakin Anda banyak senyum, dalam arti bukan senyum-senyum sendiri, maka dimana pun Anda berada, akan banyak sahabat dan teman mengelilingi Anda, dan hidup Anda akan lebih berwarna indah.
Senyum bahagia dapat secara mudah ditularkan kepada siapa saja, namun bukan yang senyum-senyum sendiri tidak jelas, karena bisa disangka gila. Percayakah Anda, bahwa satu senyuman memiliki kekuatan yang luar biasa? Senyuman dapat membuat hidup menjadi lebih indah dan membuat Anda bersyukur karenanya. Senyuman membuat pergi rasa putus asa, kelesuan, dan obat penenang yang ampuh untuk kondisi penuh amarah.


Sumber :